Ruang Henti Khusus Sepeda Motor . . . Di Bandung Sukses Lho
from detik-bandung weleh polepossition niy he he he he
Bro sekalian, Jika kita sedang berada di selatan Kota Bandung Khususnya di persimpangan Jalan Soekarno Hatta – Buah Batu dan pada beberapa persimpangan lampu merah lain seperti Jalan Pasteur-Rumah Sakit Hasan Sadikin dan Jalan Ahmad Yani-Jalan Riau akan dengan mudah kita temukan sebuah daerah khusus di belakang Zebra Cross dimana tak satu pun kendaraan Roda Empat diperbolehkan masuk area tersebut. Area tersebut dinamakan Ruang Henti Khusus (RHK) Sepeda Motor. Sebuah Ikhtiar Satlantas Poltabes Bandung, Dinas Perhubungan Kota Bandung, dan Puslitbang Jalan dan Jembatan setempat untuk menertibkan persimpangan akibat aksi saling serobot pengguna Jalan.
istimewa
RHK sebenarnya juga telah di aplikasikan di Luar negeri, disana dinamakan Advanced Stop Lines (ASL) Yang jadi pertanyaan bagaimana hasil Ujicoba ini? Nah kebetulan Institut Teknologi Bandung melalui Penelitinya Bapak Muhammad Idris di desertasi thesis S2 Transportasinya meneliti Bagaimana pengaruh RHK sepeda motor terhadap Konflik Lalu lintasnya . . . penasarann kan pengen tahu hasilnya. Di akhir abstraknya, penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa Secara keseluruhan ujicoba RHK pada lokasi studi dinilai berhasil !!
Berhasil nya Kayak apa? Gimana Parameternya? Jadi Begini sang peneliti mengobservasi Lokasi studi Via Video baik pada pagi dan siang hari sebelum dan sesudah RHK di berlakukan di tempat tersebut (persimpangan Soekarno-Hatta-buah batu) . Ada 103 sample waktu Rush Hour baik Pagi dan Petang (total 206) dan menyangkut 20.087 Unit motor dianalisa pada RHK tersebut dan Hasilnya :
- tingkat konflik menurun dari 133,39 konflik/1000 kend.mp menjadi 24,68 konflik/1000 kend.mp untuk waktu puncak pagi
- tingkat konflik menurun 111,10 konflik/1000 kend.mp menjadi 24,10 konflik/1000 kend.mp untuk waktu puncak sore
- Tingkat keparahan konflik menurun dari 1,83 menjadi 1,43 pada waktu puncak pagi
- Tingkat keparahan konflik menurundari 1,96 menjadi 1,38 pada waktu puncak sore
tmcblog sendiri merasa RHK sepeda motor merupakan salah satu solusi yang positif, manusiawi, motoriawi (kata Kombes Royke), dan tepat untuk Mengurai tingkat kemacetan di kota kota besar semacam Jakarta, Surabaya, Medan, Jogja dan kota kota lainnya . . . Nah gimana menurut bro gimana setuju atau tidak dengan pola RHK ini . . .monggo di share pilihannya, dan semoga artikel ini berguna
Bagaimana Pendapatmu Tentang Ruang Henti Khusus Sepeda Motor?
Taufik of BuitenZorg
and last . . . silahkan simak kartun benny mice ini . . .profesi lampu merah
Silahkan Tulis Komentar Anda ...