Posts Subscribe comment Comments

Kunci Utama Honda (dan juga Pabrikan Lain) di segmen Sport ada di Mid-End Sport

Kunci Utama Honda (dan juga Pabrikan Lain) di segmen Sport ada di Mid-End Sport 


Bro sekalian, Seperti Kita ketahui Walaupun setelah 3 Bulan berjalan pasca dirilisnya dua motor sport baru Honda New Megapro dan yamaha Byson . . . Sepertinya di Tahun 2010 Peta tidak jauh berubah, Kedigjayaan Yamaha V-Ixion masih cukup kuat untuk mendominasi pangsa pasar motor sport Mid-End dan Bahkan secara umumnya Pangsa pasar Motor sport secara keseluruhan. Menurut analisa saya di sinilah kelihatan Unjuk kejelian Yamaha yang sepertinya sangat rapat mengawal pasar sport MidEnd sebagai kunci Utama mendominasi pangsa pasar sport Secara Keseluruhan . Maksute Rapat?
Yup IMHO Sejak awal saya mensinyalir bahwa pasca Merilis Byson sepertinya yamaha mencoba menutup celah  kesempatan para konsumen setia mid-end sportnya yang gak demen sama mesin injeksi, sasis deltabox dll agar nggak kabur memilih unit Kompetitor beratnya Yakni Honda Yang dengan nyata-nyata telah mengupdate secara serius Line Up Megapronya sehingga menjadi Unit Yang Cukup Fresh. Jika benar seperti dugaan saya ini, sepertinya Yamaha cukup smart mengambil solusi yang awalnya saya kira akan menjadi tantangan terbesarnya setelah ngebrojolin Byson yakni Mengelola Multi bRanding dalam satu segmen . IMHO Bagi saya, Disini letak kekuatan Utama strategi Red Ocean Yamaha di segmen sport ini.

Kenapa Yamaha sepertinya Nggak serius menggarap segmen Hi-End sport ataupun premium-sport? Jangankan ditanya tentang YZF 250R4 . . .  saat ditanya tentang kemungkinan Fazer 250 YS ataupun YZF R15 , Yamaha terlihat tak bergeming, kenapa?  Karena Memang Bukan disana Otot (minjem istilah bang Edo) dari segmen sport secara keseluruhan. Otot Utama segmen sport ada di Mid-End sport, Lha Iya 80-90% penjualan segmen sport ada di segmen Mid-End :) . . . nah Oleh sebab Itu saya mencoba memberikan sedikit pandangan Bahwa  Kunci Utama Honda di segmen Sport ada di Mid-End Sport.

Maksutenya apa? Ya Honda Harus semakin memperkuat Segmen Mid-End sport ini. Dengan apa? Ya RED OCEAN WAR !! Jadikan segmen ini sebagai kurusetra Utama segmen sport. Selain memperkuat Strategy Promosi current line Up yakni Honda new megapro Honda Bisa Pula melakukan Strategi Diversifikasi. maksutnya Ciptakan Produk yang dapat sangat Kompetitif dengan Line Up Mid-End sportnya Yamaha. Kompetitif disini berarti Value ( Harga-Kualitas) . . . Bila dilihat dari kacamata Harga jangan Lawan duo V-Ixion-Byson dengan Premium Mid-End sport yang notabenenya akan membuat Gap Harga yang jauh !! Lawan Juga dengan Produk Yang secara price itu dekat, mungkin di bawah 23 Juta-an, cmiiw.
Biarlah Byson di handle sama New Megapro, nah sekarang tinggal menyiapkan calon kompetitor sejati Vixion. Selain Harga Yang KOmpetitif, Siapkan juga Line Up dengan Teknologi dan fitur yang sangat kompetitif dengan V-Ixion. 150 cc, Deltabox (twin spar chassis), Liquid cooled, dan Injeksi . . . paling tidak empat variabel fisik tersebut harus ada di calon line up mid-end sport Honda ke depan. Nah Red Ocean War Yang berdarah-darah Kan? Setelah spek 11/12 alias hampir sama tentu Konsumen akan memilih produk yang memiliki kelebihan lain . ..  baru deh Honda bisa memainkan Fitur mesin Jenis DOHC disini sebagai nilai tambah . . . secara Vixi masih bertipe SOHC . . . Secara Instan Honda bisa menggunakan basis CBR 150R dan membuatnya menjadi Naked Bike tentu dengan Harga yang nggak jauh dari Harga V-Ixion . . . lebih mahal dikit nggak apa-apa kayaknya
Lalu setelah itu Gimana pengelolaan segmen lainnya seperti Hi-End sport sebagai penopang? . . . besok yah lanjutannya – To Be continued. ..  dah kepanjangan nih artikelnya he he
sekian pendapat saya . ..  silahkan share pendapatbro sekalian . . . mari berdiskusi yang positif dan membangun . ..  semoga Berguna

0

Silahkan Tulis Komentar Anda ...