Posts Subscribe comment Comments

Yamaha Byson . . . Akankah memenuhi Target Distribusi di akhir tahun?

Yamaha Byson . . . Akankah memenuhi Target Distribusi di akhir tahun? 


Bro sekalian Kita sekarang ngomongin Yamaha Byson. Motor yang Lama banget prosesperilisannya sampai sampai dulu sempat mendapat cap ‘motornya orang sabar’ ini seperti yang telah saya laporan di artikel tiga bulan yang lalu di Bulan awalnya mampu mencatat hasil distribusi sebesar 3.516. Saat itu saya pribadi mengira angka ini diperoleh dengan cara menggunakan line produksi Vixi. Tapi Ternyata Tidak brader . ..  Vixi kembali menguat kisaran angka 19 ribu-20rban Unit perbulan di dua bulan berikutnya (okt-nov 2010) dan byson pun naik nilai distribusi yang tercatat di AISI menjadi  6-7  ribuan Unit Perbulan.
Vixi Naik ke angka 19-20 ribuan, NMP pun stabil bercokol di angka distribusi 14-17 ribuan Unit perbulan dan Byson pun ikut ikutan naik? Wah segmen Mid-End Sport sepertinya di Tiga Bulan Terakhir mengalami peningkatan share market. Koq Bisa ya? Kenapa saya nanya? Karena Biasanya pertumbukan market di segmen sport itu nggak terlalu signifikan. Mungkin ada beberapa kemungkinan jawabannya? Penciptaan market baru dan demand shifting. Pada penciptaan Market baru, ada beberapa biker penyemplak bebek atau matik yang mulai mencoba motor sport atau paling tidak membeli motor sport sebagai motor keduanya
Lalu Bisa jadi pula ada demand shifting, dimana kenaikan market segmen mid-end sport dikarenakan perpindahan ‘keyakinan’ konsumen dari segmen lain ke segmen ini. Bisa Jadi dari segmen sport Hi-End, segmen bebek, atau bisa jadi perpindahan konsumen dari Market yang selama ini tidak tercatat di AISI seperti market Bajaj ataupun Minerva. Kembali Ke Byson, di awal perilisannya Motor ini memiliki target distribusi sebanyak 20.000 Unit sampai akhir Tahun 2010 ini. Nah sampai bulan kemarin, 1 bulan sebelum 2010 habis, angka distribusi  Byson menurut data AISI sudah mencapai sekitar 17 ribuan unit, cmiiw . . . Jika melihat ini sepertinya Target Akhir Tahun yamaha Byson bisa tercapai atau bahkan sedikit terlampaui.
Awalnya saya pikir demand motor ini akan lebih banyak dibanding V-Ixion mengingat bentuknya yang fresh, ada beberapa fitur mentereng seperti spido digital, midship muffler dan ban ber spek lebar . . . sampai fitur Karburator yang selalu digembar-gemborkan jauh lebih gampang ‘ngiliknya’ dibanding sistem Injeksi. Tapi ternyata paling tidak sampai tiga bulan terlihat Eksistensi V-Ixion seperti tidak terpengaruhi oleh kehadiran si Byson ini.
Cuma dengar dengar .. .  antrian Inden Byson sudah mulai mengular nih . ..  ada laporan ke tmcblog mencapai 3-4 bulan. Yang Patut ditunggu juga dari garak gerik yamaha adalah, bagaimana Target mereka kedepa terhadap si Byson ini. Apakah sudah puas dengan angka dibawah 10 ribu Unit perbulan, ataukah mau nambah? Jika Mau nambah, antrian Inden tentu bisa di perpendek akan tetapi line up produksi juga kudu nambah kayaknya, sebab denger-denger juga kapasitas pabrik nya dah pol polan tuh . . . Nah Gimana menurut bro semua Byson ini ditahun 2011? silahkan di share

0

Silahkan Tulis Komentar Anda ...