Kompetitor dan Target . . . studi kasus Honda CBR 250R
Bro sekalian, CBR 250R disinyalir akan dirilis sebentar lagi oleh AHM. Walaupun motor ini akan masuk ke dalam katagori segmented (atau mungkin bisa ditambah dengan kata ‘sangat’) Tentu Honda memiliki road map tersendiri atas market motor ini. Dalam road map tersebut tmcblog sangat yakin sudahlah tergambar oleh thinktank internal Hondatentang siapakah kompetitornya,bagaimana way of stratgy-nya, sampai siapakah Target Marketnya. Untuk Kompetitor, sepertinya sudah jelas minimal ada dua nama yang di segmen 250 cc sport : Ninja 250R dan Megelli 250R, cmiiw . . . Targetnya siapa?
Target paling potensial bagi Honda untuk Market CBR 250R sama dengan Ninja 250R . . .yakni Biker yang ingin ‘naik kelas’ . . . Saya jadi ingat perbincangan saya dengan kalangan Ducati Indonesia, dimana Ducati Indonesia menancapkan target konsumen potensialnya bukan pada konsumen moge . . . malah para konsumen sport, yang paling masuk akal adalah Konsumen Ninja 250R. So way of marketing yang dilakukan oleh ducati tentu akan berdasarkan target . . . Bisa jadi mereka akan lebih menargetkan pada Konsumen Potensial dalam hal ini konsumen Ninja 250R dibanding Para Moge-er . . . pengguna HD misalnya
So IMHO jika memang benar sinyalemen saya bahwa target potensialnya adalah Biker yang ingin naik kelas 250 cc maka . . . adalah sebuah keniscayaan jika Honda akan lebih menggeber pola pendekatannya ke konsumen di segmen dibawahnya seperti segmen Hi-End ( rider Tiger-Scorpio) dan Rider segmen Mid-End ( New Megapro-Vixion-Byson-Pulsar-Apache) dibanding Konsumen Ninja 250R . . . Honda Bisa Mulai dengan mengadakan test Ride bagi para member komunitas motor Sport di kedua segmen tersebut dan membiarkan mereka merasakan sendiri riding sensation dari CBR 250R
Toh Konsumen di kedua segmen ini bukan termasuk konsumen entry level . . . mereka sudah masuk ke kategori Advance yang memiliki alasan alasan logis yang disertai data-data dan Fakta dalam memilih tunggangannya. Nah Data-data tentang CBR 250R sudah bergentayangan di jagad web . . . tinggal sang calon konsumen dah yang akan menguji data-data tersebut dilapangan . . . Jika memang hasilnya positif . . . yaaaaa tinggal siapin DP dah, silahkan share komentar bro semua, semoga brguna
Silahkan Tulis Komentar Anda ...